Blokir Internet di China (Sempat) Jebol ~ Berita Teknologi dan Gadget
Home » » Blokir Internet di China (Sempat) Jebol

Blokir Internet di China (Sempat) Jebol

VIVAnews - Pengguna Internet di China sempat berharap-harap cemas. Sejumlah situs yang selama ini diblokir pemerintah tiba-tiba bisa diakses warga negeri Tirai Bambu. Mengutip Reuters, sebagian pengguna Internet di China bisa mengakses situs-situs semacam YouTube, Facebook, dan Twitter. Semua dapat dengan mudah diakses, tanpa harus mengakali firewall.

"Tiba-tiba saya bisa mengakses YouTube! Tidak perlu menembus firewall," tulis salah satu pengguna Internet China, Arvin Xie, di akun mikroblog Weibo.

Weibo sendiri merupakan layanan serupa Twitter, yang menjadi pilihan netizen di negeri itu setelah Twitter diblokir. Selama ini, pemerintah China membatasi akses Internet dan memblokir sejumlah situs jejaring sosial, karena dianggap berpotensi menciptakan ketidakstabilan.

Tak hanya Arvin Xie, mahasiswa Universitas Jiao Tong di Shanghai, Zhang Wenjin, juga mengaku bisa mengakses Facebook. "Untuk pertama kalinya saya bisa menggunakan Facebook," ucap Zhang Wenjin.

"Saya masuk dan melihat-lihat. Saya pun yakin banyak orang yang baru mendaftar layanan Facebook kemarin," ucap Zhang yang berusia 23 tahun ini.

Hingga saat ini masih belum jelas penyebab fenomena ini, apakah memang ada crack di Great Firewall yang dipasang pemerintah China. Yang jelas, keleluasaan akses itu hanya bertahan sementara. Pemblokiran dimulai lagi hari ini.

Untuk menembus blokir itu, sebagian kecil pengguna Internet di China harus membayar VPN (Virtual Private Network). Sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia, saat ini setidaknya ada 500 juta pengguna Internet di China--merupakan yang terbanyak di dunia.

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts