VIDEO: Tiket Online, Masalah Baru Mudik Cina ~ Berita Teknologi dan Gadget
Home » » VIDEO: Tiket Online, Masalah Baru Mudik Cina

VIDEO: Tiket Online, Masalah Baru Mudik Cina

VIVAnews - Tradisi pulang kampung atau mudik saat hari raya ternyata tak hanya menjadi rutinitas bagi orang Indonesia. Begitu pula yang terjadi di Cina, milyaran orang mudik untuk memperingati hari raya Imlek yang jatuh Senin mendatang, 23 Januari 2011.

Para pemudik menggunakan kereta, bus, juga pesawat untuk pulang ke kampung halaman. Sama seperti di Indonesia, masalah kesulitan tiket saat mudik juga dirasakan masyarakat Cina saat akan pulang ke kampung halaman.

Setidaknya terdapat 3,1 milyar orang yang mudik dalam 40 hari terakhir. Di antara itu, ratusan juta orang sudah memesan tiket sebelumnya dalam sepekan. Lonjakan angka mudik tahun ini tercatat 9,1 persen lebih tinggi dari tahun lalu.

Sistem pemesanan tiket online juga belum bisa mengatasi permasalahan tiket. Wajar, sebab sebagian besar pemudik merupakan buruh migran yang tak banyak bersentuhan dengan akses internet.

Salah satunya seperti yang diakui Gao Xong Yu. Karena tidak memesan tiket secara online, Gao Xong Yu pun terpaksa membeli tiket berdiri walau sudah antre selama lima jam untuk mendapatkan tiket.

"Saya tidak tahu caranya. Karena memang terlalu sulit," ucap Gao.

Seperti apa kesibukan para pemudik di Cina menjelang Imlek? Anda bisa melihatnya di video dalam tautan ini.

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts