Smartphone Jatuhkan Penjualan Gadget Lain ~ Berita Teknologi dan Gadget
Home » » Smartphone Jatuhkan Penjualan Gadget Lain

Smartphone Jatuhkan Penjualan Gadget Lain

VIVAnews - Kesuksesan penjualan perangkat smartphone memakan korban. Penjualan perangkat gadget lain seperti kamera, kamera video dan perangkat GPS menyusut jatuh hingga 5.9 persen selama sesi liburan di Amerika Serikat.

Berdasarkan laporan perusahaan NPD Group, penjualan semua barang elektronik dalam empat pekan sampai 24 Desember, mencapai US$ 9,5 milyar. Penurunan penjualan tidak hanya terjadi pada tahun 2011 lalu, tercatat pada periode yang sama tahun 2009, penjualan jatuh hingga 6.2 persen.

Penjualan kamera video turun sampai 43 persen, foto digital juga turun 38 persen, perangkat navigasi GPS menjadi 33 persen, serta MP3 player dan kamera yang jatuh 21 persen. Semua itu merupakan korban dari penjualan smartphone yang meningkat.

Sedangkan penjualan perangkat elektronik yang fungsinya tidak diambil alih smartphone memiliki nasib lebih baik. Penjualan PC dan TV misalnya, hanya turun hanya 4 persen. Desktop PC  yang secara umum turun 2 persen, sementara penjualan notebook turun 5 persen.

Rata-rata harga penjualan PC berangsur naik US$ 9 hingga US$ 575, melanjutkan tren tahun lalu di antara perusahaan PC yang meningkatkan harga pada sesi liburan.

Sedangkan penjualan HD TV di atas 50 inch malah naik. Perangkat TV dengan sistem Home Theatre meningkat 10 persen. Sedangkan penjualan perangkat streaming melonjak 65 persen.

Sebaliknya, Blu-ray player turun 17 persen, setelah sempat tumbuh 3.8 persen tahun lalu.

“Rata-rata akselerasi penurunan pada kategori teknologi lama seperti DVD, GPS dan MP3 Player. Bagaimana industri dengan baik dapat meningkatkan performa selama liburan,” tulis Wakil Presiden  NPD yang juga analis industry, Stephen Baker.

Sebuah laporan Canaccord Genuity memprediksi bahwa penjualan Apple akan mencapai 30,1 juta iPhone sepanjang liburan akhir tahun lalu, meningkat 31 persen dari penjualan Apple pada kuartal ketiga.

Adapun, perusahaan penjual produk Android dilaporkan pengiriman diperkirakan mencapai 68,9 juta perangkat. Ini mewakili pertumbuhan 17,3 persen dari kuartal sebelumnya. | Apple Insider (eh)

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts