RIM Terancam Diambil-Alih ~ Berita Teknologi dan Gadget
Home » » RIM Terancam Diambil-Alih

RIM Terancam Diambil-Alih

VIVAnews - Pasar BlackBerry terus merosot tajam di Amerika Serikat. Angka terbaru menunjukkan skala pasar RIM harus diperbaiki jika tidak ingin diambil-alih oleh perusahaan lain pada 2012.

Menurut laporan ComScore, dalam tiga bulan sampai akhir November, pasar BlackBerry merosot lebih dari 3 persen, dari 19.7 persen menjadi 16.6 persen.

Sementara Android memanfaatkan kondisi yang menimpa BlackBerry dengan menambah pasarnya lebih dari tiga persen, mencapai 46.9 persen dari pasar smartphone Amerika. Pengguna mobile Android kebanyakan beralih dari Blackberry, sementara Microsoft dan Symbian kehilangan sekitar satu persen dari total pasar mobile di AS.

Apple juga memanfaatkan keterpurukan RIM dengan penjualan iPhone yang mencapai 28.7 persen di Amerika Serikat, naik dari 27.3 persen pada tiga bulan sebelum November.

Pada tahun ini, RIM mentargetkan untuk membalikkan keadaan. Target ini merupakan prioritas utama dari RIM untuk menghindari pengambil-alihan dari rival mereka.

Saat ini, mengutip The Telegraph, banyak pemain utama dalam pasar smartphone yang telah menawarkan opsi untuk mengambil perusahaan Kanada ini. Menurut sejumlah laporan, Microsoft dan Nokia telah melakukan pembicaraan dengan RIM soal pengambilalihan.

Amazon pun disebut tertarik untuk mengambil-alih RIM. Dengan mengambil RIM, Amazon diperkirakan siap masuk ke pasar smartphone dengan smartphone perdananya, untuk menyusul kesuksesan tablet Kindle Fire.

Eksekutif  RIM, telah menolak tawaran penjualan, meskipun sahamnya menurun sebesar 75 persen dalam harga saham perusahaan di 2011. Terkecuali RIM dapat membalikkan kekayaan BlackBerry, analis mengatakan perbincangan pengambilalihan sangat intensif mengancam RIM

Sebenarnya ada opsi kemungkinan lain bagi RIM, yakni memberikan izin software BlackBerry ke perusahaan smartphone lain seperti Samsung, yang membuat perangkat lebih mutakhir.

Tak hanya itu, RIM pun masih memiliki senjata terakhirnya, yaitu sistem operasi QNX. Tapi, RIM tampaknya menunda peluncuran BlackBerry 10, sebagai smartphone QNX perdana, hingga akhir 2012.

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts