Ikuti Wikipedia, Sejumlah Laman Juga Mogok ~ Berita Teknologi dan Gadget
Home » » Ikuti Wikipedia, Sejumlah Laman Juga Mogok

Ikuti Wikipedia, Sejumlah Laman Juga Mogok

VIVAnews - Para pengelola sejumlah laman mulai beraksi dalam menentang penggodokan Rancangan Undang-Undang Anti Pembajakan Online (SOPA) dan RUU Perlindungan Properti Intelektual (PIPA) di Kongres AS. Selama 24 jam ke depan, mereka tidak mengoperasikan sejumlah laman sehingga tidak bisa diakses.

Situs ensiklopedia online Wikipedia, misalnya. Terhitung hari ini mulai pukul 00.00 waktu setempat (12.00 WIB), Wikipedia melakukan mogok layan dengan memasang layar gelap bertuliskan 'Bayangkan Sebuah Dunia Tanpa Pengetahuan Bebas'.

Langkah serupa juga dilakukan laman berita Reddit dan komunitas blog Boing-boing. Mereka juga melakukan mogok layan selama sehari dan mengganti halaman depan dengan layar hitam yang menyerukan kepedulian terhadap SOPA/PIPA.

Menurut harian The Epoch Times, beberapa situs yang juga menggelar aksi protes adalah Google, Mozilla, Wordpress, MoveOn, dan TwitPic. Bedanya, mereka hanya protes lewat halaman depan yang telah dimodifikasi dengan aksesori bertema sensor atau pemblokiran. Situs sendiri tetap berjalan seperti biasa.

Langkah yang agak berbeda diambil Facebook, Twitter, Tumblr. Walaupun juga tidak menyetujui SOPA/PIPA, tiga situs ini tak ikut aksi protes. Mereka tak melakukan perubahan apapun pada antarmuka dan tetap beroperasi seperti biasa. (umi)

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts