IDC: Smartphone Global Siap Singkirkan Lokal ~ Berita Teknologi dan Gadget
Home » » IDC: Smartphone Global Siap Singkirkan Lokal

IDC: Smartphone Global Siap Singkirkan Lokal

VIVAnews - International Data Corporation (IDC) memperkirakan pada kuartal I dan II tahun ini, pertarungan smartphone akan melibatkan vendor global dan lokal. Pertarungan antar vendor tersebut terjadi dalam pangsa pasar ponsel fitur dari seluruh total pasar ponsel di Indonesia.

"Pertarungan smartphone akan terjadi, vendor global akan menyingkirkan vendor lokal," kata Darwin Lie, Associate Market Analyst IDC di sela-sela diskusi IDC Indonesia ICT 2012 Prediction di Jakarta, 18 Januari 2012.

Pertarungan tersebut diperkirakan mulai mengambil pasar dari ponsel fitur meski tidak secara signifikan. Kenaikan ponsel pintar ini, menurut IDC, ditentukan oleh keterjangkauan harga ponsel pintar tersebut.

"Smartphone akan naik, tapi tak banyak, karena harganya masih tinggi, dan pasar Indonesia sangat sensitif soal harga," jelas Darwin. Dari sisi infrastruktur, menurut Darwin, juga belum semua daerah siap karena masih banyak daerah yang masih masih mengadopsi teknologi jaringan 2G.

Meski begitu, Darwin menambahkan, sesuai siklus ekonomi, smartphone pasti akan turun harga. Saat ini, menurutnya, pangsa pasar smartphone di Indonesia masih kisaran 10 persen, sisanya masih menjadi pasar ponsel fitur. "Smartphone tahun ini bisa tumbuh 10 persen, naik bertahap," ujarnya.

Pada posisi ini, kata Darwin, smartphone akan mulai mengambil pasar ponsel fitur. Tetapi, meski terancam tergeser oleh ponsel pintar, pasar ponsel fitur tidak akan hilang dari Indonesia. "Pasti masih ada, tidak bakal hilang," ujarnya. “Pasalnya, harga ponsel fitur masih cukup terjangkau oleh masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, Darwin mengatakan bahwa pasar seluler di Indonesia berbeda dengan pasar di negara lain. “Apa yang berpengaruh di pasar luar belum tentu berpengaruh di Indonesia,” kata Darwin. "Contohnya itu, ya, RIM. Di luar negeri pangsanya terus turun. Di sini malah merajai," urainya.

Menurut data perkiraan IDC, sepanjang 2011 total pengapalan seluruh ponsel ke Indonesia mencapai 43 juta unit. (hp)

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts