Apple Yakin Pasar Tablet Lewati Pasar PC ~ Berita Teknologi dan Gadget
Home » » Apple Yakin Pasar Tablet Lewati Pasar PC

Apple Yakin Pasar Tablet Lewati Pasar PC

VIVAnews - Apple baru saja mengumumkan pendapatan di kuartal pertama tahun ini. Naiknya penjualan produk-produk Apple menjadi penyumbang terbesar naiknya pendapatan Apple di awal tahun 2012 ini.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah naiknya penjualan iPad. Tahun ini, angka penjualan iPad tercatat sebesar US$15,43 juta, atau naik dari US$11,1 juta yang didapat kuartal lalu.

Hingga saat ini, total iPad yang terjual tercatat lebih dari 55 juta unit, sejak diluncurkan pertama kali tahun 2010. Angka ini membuat CEO Apple Tim Cook yakin pasar tablet akan melampaui pasar PC.

"Saya pikir akan hadir hari ketika pasar tablet lebih besar dari pasar PC," kata Tim Cook saat mengumumkan pendapatan kuartal Apple.

Angka penjualan iPad di kuartal ini melampaui penjualan Mac, yang tercatat mencapai US$ 5,2 juta. Sejak tahun lalu Apple mengakui, iPad memang menjadi kanibal bagi penjualan Mac. Namun, menurut Tim Cook penjualan iPad akan lebih menjadi kanibal bagi penjualan PC berbasis Windows.

Naiknya penjualan iPad di kuartal ini juga menjadi bukti kalau iPad tidak terpengaruh dengan kehadiran tablet murah besutan Amazon, Kindle Fire. "Saya pikir orang-orang masih ingin melakukan sejumlah hal dengan tabletnya. Seperti kita tidak ingin melihat fungsi tablet menjadi terbatas, seperti sekedar menjadi e-reader, atau kategori sejenisnya," ucap Tim Cook, tanpa menyebut Kindle Fire secara eksplisit.

Sejak Apple merilis iPad, pendiri Apple Steve Jobs sudah meyakini era tablet akan menggantikan PC. Kemunculan iPad pun disebut Steve Jobs sebagai penanda lahirnya era post-PC yang menggantikan era PC.

Tim Cook pun menyebut iPad sebagai andalan Apple di masa depan. "Ini bukan sekedar produk. Ini merupakan strategi untuk dekade berikutnya," ucap Tim Cook. (eh)

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts