"IPAD" China Gugat Apple di Amerika Serikat ~ Berita Teknologi dan Gadget
Home » » "IPAD" China Gugat Apple di Amerika Serikat

"IPAD" China Gugat Apple di Amerika Serikat

VIVAnews - Perusahaan teknologi China, Proview Technology, mulai mengajukan gugatan terhadap merek iPad oleh Apple di Amerika Serikat. Sebelumnya, Proview menggugat Apple yang dianggap meniru merek "IPAD" yang digunakan, sehingga penjualan iPad terhambat di Cina.

Gugatan diajukan Proview ke Santa Clara County. Ini merupakan wilayah yang didiami sejumlah perusahaan Silicon Valley, termasuk Apple yang berlokasi di Cupertino.   

Sejumlah pengamat mengatakan gugatan yang diajukan di AS akan berbeda hasilnya dengan di China. Apple dianggap akan memiliki keuntungan ketika gugatan diajukan di tanah airnya. Tapi tetap saja gugatan ini diprediksi akan merugikan Apple.

China memang pasar yang sangat berpotensi bagi Apple. Menurut laporan lembaga riset IDC, iPad memimpin pasar tablet di China dengan pangsa pasar 76 persen.

Kondisi berbeda dialami Proview. Beban utang menyebabkan Proview harus mencari rencana penyelamatan sebelum pertengahan 2012, atau mereka akan dicoret dari bursa saham di Hong Kong.

"Dengan timeline ini, Apple lebih diuntungkan dalam upaya mencapai kesepakatan karena membatalkan pengapalan lebih mudah dilakukan dibanding tekanan yang dihadapi Proview dan potensi pencoretan itu," kata analis dari Rouse Legal, China, Elliot Papageorgiou, seperti dikutip dari Reuters.

Dalam gugatan, pengacara Proview mengatakan Apple tidak akan berkompetisi dengan perusahaan asal China itu. Tapi Proview tidak menyebutkan alasan mengapa mereka membutuhkan merek tersebut.

Apple sendiri kembali menegaskan telah membeli merek "IPAD" dari Proview untuk produk "iPad" di 10 negara. Pernyataan Apple juga menyebut Proview tidak menghargai kesepakatan yang telah mereka buat.

Apple juga mengklaim pengadilan Hong Kong sependapat dengan Apple. "Kasus kami masih ditunda di daratan China," tulis Apple.

Sebelumnya, seperti dikutip dari laman BBC, Apple diperbolehkan menjual iPad di Shanghai. Ini adalah hasil putusan pengadilan setempat yang menyetujui permintaan Apple, yang meminta penundaan pelarangan hingga ada sidang di bulan berikutnya.

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts