Foto Facebook yang Dihapus Masih Bisa Muncul ~ Berita Teknologi dan Gadget
Home » » Foto Facebook yang Dihapus Masih Bisa Muncul

Foto Facebook yang Dihapus Masih Bisa Muncul

VIVAnews - Jika Anda lama menggunakan jejaring sosial Facebook, adalah sebuah hal yang bisa dimaklumi jika pernah mem-posting foto yang bisa jadi 'aib' memalukan bagi Anda. Karena itu, Anda kemudian menghapus foto-foto itu, agar 'aib' ini tidak diketahui keluarga, terutama pasangan.

Tapi, ternyata foto yang Anda hapus di Facebook masih tersimpan secara online. Bahkan, jika Anda telah menghapusnya tiga tahun lalu.

Hal ini terungkap pertama kali oleh blog teknologi, Ars Technica. Pengujian dilakukan Ars terhadap empat media sosial, Flickr, Twitter, MySpace, dan Facebook, dengan menghapus foto pada 21 Mei 2009.

Ars
mengungkap kalau Twitter dan Flickr menghapus foto-foto dalam beberapa detik. Tautan langsung ke foto itu pun hilang setelah di-refresh. Namun, ini tidak terjadi di Facebook dan MySpace.

Menurut Ars, foto yang sudah dihapus masih tersimpan di server Facebook dan MySpace, walau sudah dihapus sejak Mei 2009.

Menanggapi ini, juru bicara MySpace, Amy Walgenbach, mengatakan MySpace telah menghapus konten sesuai permintaan penggunanya. "Kami sadar butuh waktu lama untuk menghapus gambar dari server pihak ketiga (server dari vendor yang bekerja sama dengan kami) dan secara aktif akan menanggapi ini," ucap Walgenbach kepada Ars Technica.

Facobook pun menjawab serupa. "Sesuai yang tertulis di Statement of Rights and Responsibilities, tentang pengaturan dokumen untuk situs, yang menyebut 'ketika Anda menghapus konten IP, ini menghapus seperti halnya mengosongkan recycle bin di komputer Anda'," kata juru bicara Facebook, Elizabeth Linder.
 
"Bagaimana pun, Anda paham bahwa menghapus konten mungkin akan disertai proses mengkopi back-up untuk periode waktu yang sesuai," ucap Linder. "Kami bekerja sama dengan Content Delivery Network untuk menghapus back up dan kopian itu secara signifikan," lanjutnya.

Setelah mengetahui ini, mungkin akan lebih baik jika Anda memastikan sendiri, apakah foto-foto aib Anda sudah terhapus dari dunia maya, untuk selamanya. (art)

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts