Tahun Baru, Layanan Data Lebih Dipilih ~ Berita Teknologi dan Gadget
Home » » Tahun Baru, Layanan Data Lebih Dipilih

Tahun Baru, Layanan Data Lebih Dipilih

VIVAnews - Pelanggan seluler kini semakin memilih layanan data dalam setiap momen khusus, misalnya dalam momentum pergantian tahun kali ini. Penggunaan layanan data dari Telkomsel mengalami lonjakan mencapai 3 kali lipat dibandingkan dengan penggunaan layanan data pada momentum yang sama tahun lalu.

Trafik ini merupakan perbandingan penggunaan layanan telekomunikasi dari hari normal, pergantian tahun, dan sehari setelah pergantian tahun.

Dalam rilis yang diterima VIVAnews, layanan data Telkomsel pada pergantian tahun 2012 mencapai 213 terra bytes. Angka tersebut meningkat 280,4 persen dibandingkan pergantian tahun 2011, yang hanya 56 terra bytes.

Layanan ini juga meningkat 99,07 persen dibandingkan dengan pemakaian data di hari normal 2011 yang mencapai 107 terra bytes. Trafik layanan data tertinggi terjadi di wilayah Jabodetabek (60.6 terra bytes). 

“Peningkatan konsumsi layanan data ini menunjukkan bahwa arah perkembangan gaya hidup masyarakat akan lebih banyak menggunakan layanan yang berbasis data,” Kata Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno dalam keterangan tertulisnya, Senin, 2 Januari 2012.

Sejalan dengan meningkatnya pemakaian layanan data, layanan MMS Telkomsel juga mengalami peningkatan trafik 2.58 juta MMS atau naik sebesar 1,5 kali lipat dibandingkan dengan hari normal.

Meski data melonjak, layanan dasar komunikasi (voice dan SMS) masih digunakan masyarakat. Tercatat trafik voice meningkat sampai 1,99 milyar menit (naik 112,6 persen dibanding trafik di hari normal).

Trafik SMS meningkat hingga 1,82 milyar SMS (naik 136 persen). Trafik layanan SMS tertinggi terjadi di wilayah Jabodetabek (693 juta SMS). Wilayah Indonesia Timur (Sulawesi, Maluku dan Irian Jaya) menggunakan layanan voice tertinggi yaitu sebesar 342 juta menit.

Telkomsel mencatat tingkat rata-rata kesuksesan layanan mencapai lebih dari 97 persen. Kesuksesan ini karena Telkomsel telah meningkatkan berbagai sisi elemen jaringan.

Sedangkan traffic XL secara umum juga mengalami kenaikan. Pada hari biasa trafik data pada pergantian tahun mencapai 65 terra bytes meningkat 18.2 persen dibandingkan data pada hari normal (55 terra bytes). Trafik data semakin melonjal pada hari libur pertama tahun 2012, yang mencapai 70 terra bytes, naik 27.3 persen dari data hari normal.

Untuk SMS hanya naik satu digit (3,08 persen) menjadi 670 juta menit pada pergantian tahun, sedangkan hari normal mencapai 650 juta menit. Layanan SMS malam pergantian tahun naik 11,7 persen (925 juta SMS), pada hari normal jumlah SMS 828 juta. Untuk voice, XL hanya meningkat 3,08 persen dari 650 juta menit pada hari normal menjadi 670 juta menit pada hari pergantian tahun.

Yang menarik yakni trafik SMS menurun 13 persen pada hari libur pertama 2012, menjadi 720 juta SMS. Penggunaan traffic tertinggi terjadi pada region Central (Jawa Tengah, DIY, Jawa Barat) yang mencapai 12,7 persen. (adi)

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts