Formula Sukses Startup di Indonesia ~ Berita Teknologi dan Gadget
Home » » Formula Sukses Startup di Indonesia

Formula Sukses Startup di Indonesia

VIVAnews - Demam startup kini semakin mewarnai industri kreatif di Indonesia. Untuk mengembangkan startup menjadi kian besar sebagai bisnis, menurut Danny Wirianto, pendiri Mindtalk, social group yang memungkinkan penggunanya saling berbagi pemikiran dan diskusi dengan kelompok teman-teman di jejaringnya, setidaknya harus mengakomodasi tiga faktor, yakni social, share, dan speed.

"Pertama, sebagai website, interaksi dengan pengguna lain menjadi kunci sukses," kata Danny, dalam diskusi Frugal Marketing, Boost From The Valley to Indonesia, di Intercontinental Hotel, Jakarta, 17 Januari 2012.

Interaksi dengan pengguna lain, menurutnya belum cukup. Harus dilengkapi dengan fitur share yang memungkinkan berbagi tentang berbagai hal pada pengguna lain, ke media sosial lain maupun ke jaringan yang lain. "Tentu dengan dukungan kecepatan akses dari segi waktu download yang real time," ucapnya.

Tiga faktor suskes tersebut, kata Danny, sudah dilakukan oleh YouTube, dan hal ini diamini oleh salah satu founder YouTube, Brent Hurley, yang kali ini juga berbagi tips bagaimana mengembangkan startup.

Menurut Danny, YouTube telah membuktikan dengan mengakomodasi formula 3S tersebut dalam video yang dapat di-share dengan cepat. "Mereka lakukan hal ini," ujarnya.

Para pengembang startup di Indonesia, Danny manambahkan, ada beberapa yang belum memahami formula tersebut dalam mengembangkan startup mereka. Padahal startup, lanjut Danny, tentu dikembangkan untuk ke arah bisnis digital.

Namun sepanjang para pengembang startup dapat menunjukkan konten, fitur maupun marketing yang updated, menurutnya, startup dapat menuai kesuksesan.

Sejauh ini, Danny menyebutkan, kendala dalam pengembangan startup di Indonesia menurutnya soal pemasaran, penjualan maupun rekrutmen sumber daya. "Kalau bandwith sih sudah lumayan. Tapi kalau ditingkatkan lagi, tentunya kita semakin bagus," katanya.

Saat ini, kata Danny, meski bisnis startup belum begitu matang, namun pihaknya yakin akan tumbuh berkembang di masa mendatang.

 

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts