Adopsi Komputasi Awan Baru 10 Persen ~ Berita Teknologi dan Gadget
Home » » Adopsi Komputasi Awan Baru 10 Persen

Adopsi Komputasi Awan Baru 10 Persen

VIVAnews - Pertumbuhan pasar komputasi awan di Indonesia saat ini masih belum begitu tinggi. Menurut catatan International Data Corporation (IDC), adopsi komputasi awan di Indonesia masih sebatas di lini perusahaan.

Saat ini, menurut Fajar Hidayat, Market Analyst IDC, adopsi komputasi awan di Indonesia masih sekitar 10 persen. Meski masih kecil, sepanjang tahun 2011, IDC menemukan lebih dari 50 persen perusahaan end user di Indonesia secara aktif mencari dan merencanakan untuk mengadopsi layanan komputasi public antara 12 sampai 24 bulan ke depan.

Fajar menambahkan bahawa layanan komputasi awan belum sampai kepada konsumer karena saat ini konsumer masih percaya layanan secara manual, yakni media penyimpanan biasa. “Bahkan banyak perusahaan saat ini juga masih mempertahankan pengolahan layanan konvensional,” kata Fajar, usai  diskusi IDC Indonesia ICT 2012 Prediction di Jakarta, 18 Januari 2012.

Pada 2012 ini, IDC mengantisipasi upaya kumulatif dari vendor global dan lokal yang akan lebih tertarik pada teknologi yang berkembang pesat tersebut. IDC mengharapkan sebuah pergeseran pemikiran perusahaan end user di tahun ini, yakni perusahaan akan memulai pemahaman yang baik terhadap proposisi nilai dan teknik komputasi awan.

Saat ini adopsi layanan komputasi awan telah berkembang dari kesadaran  akan nilai manfaat pemakaian menuju pada pemahaman atas kebutuhan layanan cloud computing tersebut.(umi)

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts